Chandra Ekajaya Prihatin dengan Pengangguran

KESIBUKAN mengajar tak mengurangi tekad Chandra Ekajaya untuk berkarya. Lelaki yang berpedoman hidup harus memberikan manfaat bagi sesama ini, meluangkan waktunya untuk menggerakan anak-anak didiknya yang belum bekerja setelah lulus sekolah dengan berkarya membuat kerajinan dari bahan bekas yang kemudian dipasarkan hingga ke beberapa daerah sebagai oleh-oleh khas.

Chandra Ekajaya Prihatin dengan Pengangguran Indonesia

Menurut Chandra Ekajaya, ada banyak lulusan-lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Baginya lulusan potensial tersebut, harus dibekali keterampilan. Agar tak kebingungan saat terjun di tengah masyarakat dan dalam dunia kerja. Sebenarnya potensi dan daya juang mereka lebih tinggi dibanding lulusan kuliah karena bagaimanapun mereka terpaksa harus berjuang karena secara strata mereka sudah kalah.

Chandra Ekajaya Prihatin dengan Pengangguran S1

Chandra Ekajaya mengaku, prihatin dengan banyaknya anak didik yang diajar menganggur selepas lulus sekolah. Atas insiatif dan saran beberapa pihak dia merangkul mereka yang belum memiliki pekerjaan untuk dibekali membuat kerajinan seperti, membuat tempat sampah kering, tempat paying maupun toples kaleng. Adapula beberapa kegiatan pertanian yang ia terapkan bagi anak-anak lulusan SMA ini. “Dari barang bekas tersebut ternyata menghasilkan nilai ekonomis,” terang Chandra Ekajaya.

Selain melatih kepekaan kreatifitas naka-anak ini, hasil yang didapatkan dari jualan barang-barang kreatif ini cukup lumayan, bahkan kadang bisa melebihi dari ekspektasi mereka. Banyak warga dan keluarga yang terbantu dengan kegiatan positif ini terutama para keluarga muda yang baru awal-awal menjalin hubungan rumah tangga.

Dia mengakui, memang tidak gampang untuk meniti kesuksesan. Berulang kali harus dilakukan percobaan demi percobaan. Setelah paham barulah akan tercipta sebuah poduk yang dipandang lebih cantik.”Memang semunya butuh kesabaran,” ujarnya. Kalau saja dia menyerah diawal kmaren pasti hal-hal menarik yang saya alami dan saya dapatkan ini pasti tak akan dia rasakan.

Baca Selanjutnya tentang Pengusaha Chandra Ekajaya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *