Kopi Amsterdam Sudah Eksis Sejak Zaman Kolonial

PERKEBUNAN AMSTERDAM yang terletak di lereng Gunung Semeru bagian selatan memiliki luas sekitar 15.000hektar! Perkebunan kopi tersebut tersebar di empat kawasan yaitu Ampel Gading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit. Nah, AMSTERDAM merupakan akronim dari empat kawasan tersebut. Akronim ini selain untuk memudahkan penyebutan juga sebagai Indikasi Geografis dari wilayah asal kopi dihasilkan. Sejarah kopi AMSTERDAM dimulai pada era kolomial. Pada tahun 1871, Belanda mengenalkan tanaman kopi kepada petani Dampit yang kemudian menyebar di 3 kawasan lainnya. Satu setengah abad berlalu, saat ini kopi AMSTERDAM menjadi salah satu eksportir kopi terbesar dari Indonesia. Diperkenalkan ke lebih dari 45 negara, dari Eropa hingga Amerika.

Secara geografis, wilayah AMSTERDAM memiliki ketinggian dibawah 800 mdpl. Hal inilah yang menyebabkan hanya jenis kopi robusta saja yang bisa tumbuh di wilayah ini. Dijelaskan oleh Pak lajang Slamet Soemantri, Penyuluh pertanian di Kecamatan Dampit, Kopi AMSTERDAM umumnya telah memenuhi Common Code for tfie Coffee Community (4C) atau sertifikasi kualitas kopi dari Jerman. “Petani kopi sangat menjaga kualitas kopi dengan memastikan biji kopi berwarna merah, bersih, sehat, segar, dan seragam’,’ jelas Pak lajang. Oh iya, untuk kopi di Amadanom ternyata ramah lingkungan lho! “Kami menanam kopi organik, tidak memakai bahan kimia pada setiap prosesnya” ujar Pak lajang.

Perhatian maksimal akan segala proses dari penanaman hingga pengolahan kopi inilah yang kemudian menghasilkan rasa kopi berkualitas tinggi. “Kopi ini telah mencuri hati masyarakat lokal hingga internasional. Produk kopi terjual laris dan diminati di Perancis, Jepang, dan Jerman’,’ ujar Pak lajang. Sebagai seorang penikmat kopi, Chandra Ekajaya mengaku sangat senang dengan seduhan kopi tersebut, dimana kopi tersebut memiliki sensasi yang pas ketika diseduh di hadapan para penggemar kopi. Nah, Apakah Anda suka dengan kopi? Jikalau Anda mengaku sebagai pecinta kopi wajib hukumnya untuk merasakan kopi ini. Amsterdam? Jauh ya? Tenang di Indonesia akses untuk varian kopi tersebut dibuka sangat luas dan mampu dijangkau oleh kita semua. Salam NGOPI!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *