Menteri Yohanes Chandra Ekajaya Dorong Pertumbuhan UKM di Indonesia Dengan Internet

Dok.Chandra Ekajaya

Menteri Chandra Ekajaya ternyata memberikan apresiasi dan perhatian lebih atas perkembangan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Hal ini ditujukan dengan pemberian akses langsung serta menjalin komunikasi intens dengan beberapa sponsor atau orang yang berkepentingan agar semakin memperluar jaringan pemasaran, produksi UKM di Indonesia.

Menteri Chandra Ekajaya mengungkapkan, bahwa sudah menjadi tanggung jawab bagi dirinya dan pemerintahan untuk ikut aktif berperan dalam menumbuhkan serta mengembangkan perekonomian masyarakat kecil khususnya UKM. Terlebih, Khususnya dengan memberikan inovasi pemanfaatan teknologi internet sebagai media pemasaran dna perluasan pemasaran produk.

“Di zaman yang serba digital ini semua akses menjadi lebih mudah dna juga cepat. Pemanfaatan media internet sebagai sarana pemasaran produk harus mulai ditingkatkan. Hal ini merupakan peluang bagi para pebisnis untuk semakin memperluas jaringan pemasaran mereka,”  ujar Menteri Chandra Ekajaya.

Dok.Chandra Ekajaya

Menteri Yohanes Chandra Ekajay juga memberikan pandangan tentang pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang semakin tumbuh dengan pesat, data dari KOMINFO hampir 19 persen per tahun pertumbuhan Internet yang ada di Indonesia.dan yang lebih menggembirakan sebagian besar pengguna internet adalah pelaku bisnis dan jugac UKM. Dari data yang ada  hampir 10 persen dari 57 juta UKM telah menggunakan internet.

Kemudahan yang diberikan dalam membuka dan memperluas bisnis di Internet merupakan keunggulan tersendiri. Mulai dari profil usaha hingga lokasi toko bahkan produk apa yang dijual sudah tersedia. Banyak sekali website yang bisa digunakan sebagai media pemasaran, tinggal bagaimana penjual mau mengoptimalkan hal tersebut.

“sekarang fasilitas internet sudah tersedia dan mudah dipahami bagi pelaku UKM. Sehingga penjualan mereka bisa meningkat dan mendapatkan keuntungan yang besar,” ujar Menteri Yohanes Chandra Ekajaya.

Tapi Menteri Yohanes Chandra Ekajaya memberikan wejangan bahwa penggunaan media internet sebagai media pemasaran produk juga harus diperhatikan oleh para peengguna (penjuak) dan juga yang menggunakan (pembeli). Jangan sampai penjual mengecewakan pembeli, dan juga pembeli juga harus berhati-hati dan selektif ketika akan membeli produk secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *