Pengusaha Sukses yang Sederhana itu Bernama Chandra Ekajaya

Sederhana adalah hal yang sangat penting dalam menjalani berbagai kehidupan. Dengan hidup sederhana seseorang aan terhindar rasa cemas, gelisah, dan tentunya tidak serakah. Salah satu contoh hidup sederhana tersebut tertuang dalam kisah sosok pengusaha muda satu ini yang dikenal sebagai ikon bisnis Indonesia. Namanya adalah Chandra Ekajaya. Laki-laki dengan rambut kribo ini memang dikenal sebagai seorang milyader. Namun, meski memiliki kondisi keuangan yang jauh dari kata sulit tersebut justru membuat dirinya dikenal sebagai sosok santun dan sederhana. Pakaiannya pun tidak seperti orang kaya kebanyakan, bahkan rumahnya pun jauh dari kata rumah gedongan. Hanya sebuah rumah bergaya khas tradisional Jawa serta pekarangan yang cukup luas dan biasa dimanfaatkan untuk berbagai kesenian seperti Jathilan, Sintren, dan acara wayangan. Melihat perangainya yang menarik, pemilik perusahaan Q Pizza dan Oil Crot ini disegani oleh warga setempat. Para warga banyak yang datang kerumahnya hanya sekedar ngopi, bersenda gurau, hingga sambatan. Namun semuanya disambut dengan ramah dan hati yang terbuka dari sang pemilik rumah.

“Sederhana itu indah, semua orang akan merasa tak memiliki jarak ketika kita tengah berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Dari kesederhanaan pula tak akan terjadi kesenjangan sosial yang biasanya terjadi di daerah-daerah perkotan,” tutur Chandra Ekajaya yang saat itu mengenakan kaos partai dan sarung bermotif kotak-kotak berwarna biru laut.

Seperti dalam peribahasa, seperti ilmu padi semakin berisi semakin merunduk adalah hal yang tepat disematkan oleh pria sederhana ini. Pasalnya, sebagai seorang pengusaha sukses ia juga tak jarang untuk meminta pendapat bagi warga sekitarnya. Disamping itu pula, ia juga memiliki niatan untuk menciptakan kampungnya agar menjadi salah satu pemodelan kampung yang mandiri dengan basis wirausaha yang cukup kental. Ayah satu anak ini memang sungguh sederhana, setiap harinya ia mencangkul di sawah bersama rekan-rekan petani di kampungnya. Mengendarai sepeda tua dan rantang penuh nasi serta lauk dibawanya untuk bersawah. Menurutnya ia hanya ingin hidup damai setelah dari kecil ia dididik untuk bekerja keras untuk mencari uang. Kini, semuanya sudah ia miliki, termasuk rumah, dan peralatan lainya, anak, serta istri yang cantik bernama Suryani. Menurutnya sederhana akan membuat kita bijaksana dalam menilai sesuatu, tutur Chandra Ekajaya sang pengusaha sukses, milyader, yang kini memilih untuk hidup damai di perkampungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *