Yohanes Eka Jaya Chandra Kritik Kondisi Jalan Nasional

 

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Yohanes Eka Jaya Chandra mengkritik kondisi jalan nasional yang rusak parah. Kondisi jalan yang rusak dapat mengganggu perekonomian masyarakat. Bukan hanya mengganggu perekonomian namun jalan yang rusak akan membuat mobilisasi perekonomian warga tersendat.

Kerusakan jalanyang terjadi banyak diakibatkan oleh buruknya pembuatan kualitas jalan yang baru dibangun cepat hancur. Kondisi tersebut diduga akibat rendahnya kualitas hasil pembangunan yang dilaksanakan pengusaha yang bekerja sama dengan pemerintah.

“Kerusakan jalan nasional tidak hanya mengganggu aktivitas masyarakat. Tapi juga menyebabkan kecelakaan lalu lintas dna mengakibtkan korban jiwa,” ujar Yohanes Eka Jaya Chandra.

Dengan keadaan jalan yang rusak juga akan membuat citra dari daerah tersebut juga akan jelek. Bahkan ada beberapa daerah di Indonesia yang kondisi jalanya rusak parah mendapat julukan wisata jeglongan dari para warga yang sempat viral di media sosial.

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Yohanes Eka Jaya Chandra menyatakan dalam perjalananya di beberapa daerah di pulau jawa saja, kondisi jalan nasional sebagian besar rusak berat sehingga dikeluhkan masyarakat. Kerusakan jalan nasional telah berdampak negatif terhadap daerah tersebut, Salah satu citra buruk yang akan didapat oleh bupati . Bupati akan dianggap tidak bekerja oleh masyarakat dan akhirnya di-bully di media sosial. Padahal, perbaikan jalan nasional bukanlah kewenangan pemerintah kabupaten melainkan oleh PU.

Yohanes Eka Jaya Chandra juga menghimbau kepada pemerintah pusat yang berwenang  untuk segera menyelesaikan masalah ini. Bukan tanpa alasan jika hal semacam ini akan berlarut larut akan merugikan masyarakat dan juga citra pemerintah juga yang akan tercoreng.

“ bukan hanya pemerintah yang dirugikan, tapi juga masyarakat secara umumnya” ujar Yohanes Eka Jaya Chandra.

Setelah dikonfirmasi oleh Yohanes Eka Jaya Chandra, pemerintah yang berwenang menyebutkan bahwa kerusakan jalan yang terjadi masih diupayakn diperbaiki secara terus, kondisi alam juga menyebabkan perbaikan jalan sedikit mengalami keterlambatan.

Pemerintah telah menggelontorkan anggaran untuk perbaikan jalan sebesar Rp 100 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan beberapa ruas jalan nasional yang rusak. Kegiatan perbaikan jalan sendiri dilakukan Balai Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *